Cara Mengobati Kanker Selain Kemoterapi

Cara Mengobati Kanker Selain Kemoterapi

Cara Mengobati Kanker Selain Kemoterapi – Seperti yang anda ketahui kanker merupakan sebuah penyakit tidak menular namun mematikan. Manusia setiap harinya dihantui dengan penyakit satu ini. Banyak orang mengabaikan kesehatan, sehingga sangat mudah terkena penyakit.

Cara Mengobati Kanker Selain Kemoterapi

Kanker memang bisa disembuhkan. Ada berbagai cara mulai dari yang alami dan medis. Keduanya memang memiliki plus minus dan dampaknya masing-masing. Kebanyakan orang memang akan memilih pengobatan medis.

Konsultasi medis lebih dipercaya banyak orang. Dan pengobatannya tentu lebih menjamin. Kalian pasti sudah tahu bahwa pengobatan dengan kemoterapi sering dilakukan untuk mematikan sel kanker. Namun jika pengobatan tersebut sudah tidak lagi efektif, berikut ini cara yang bisa dilakukan.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi merupakan salah satu cara selain kemoterapi. Radiasi dapat membunuh sel kanker dan juga menperkecil ukuran tumor. Radiasi akan merusak DNA dalam sel kanker sehingga sel tidak bisa memperbaiki diri.

Terapi radiasi berbeda dengan kemoterapi, efek sampingnya tidak seperti kemoterapi. Radiasi jarang menimbulkan rambut rontok, rasa nyeri sedang, dan cukup aman. Perawatan dengan radiasi hanya menyebabkan mual, muntah dan kulit memerah.

Terapi Imun

Cara lain pengobatan kanker adalah terapi Imun. Terapi Imun dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan kanker. Metodenya hanya memberikan antibodi untuk mengikat sel kanker. Efek sampingnya adalah batuk, mual, ruam, dan kelelahan. Tidak separah kemoterapi tetapi tetap beresiko komplikasi pada organ tubuh.

Terapi Hormon

Terapi hormon biasanya dilakukan untuk kanker prostat dan kanker payudara karena berkaitan dengan hormon. Terapi ini dapat menjaga produksi hormon agar tetap seimbang. Terapi ini sering melibatkan pembedahan atau pengangkatan indung telur. Pengobatan ini dapat mencegah kanker agar tidak kembali kambuh.

Terapi Target

Metode ini digunakan untuk memblokir atau mematikan pertumbuhan sel kanker. Metode ini menggunakan obat-obatan dan pengobatan lainnya. Terkadang pengobatan ini bisa berfungsi dengan baik, namun kadang ada kelemahannya yaitu mengakibatkan sel kanker menjadi kebal dengan ibat-obatan. Kebanyakan medis menggunakan metode ini untuk tumor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *